Kamis, 02 Juni 2011

Merpati Ambisi Dapat Sertifikasi IOSA IATA

JAKARTAPT Merpati Nusantara Airlines (MNA) tengah mempersiapkan diri untuk mendapatkan sertifikat keselamatan dari IATA Operational Safety Audit (IOSA) untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kemampuan operasional dari BUMN itu.

Direktur Utama MNA Sardjono Jhoni Tjitrokusumo mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan konsultan MARSH untuk mempersiapkan diri mendapatkan sertifikat IOSA. Sekarang persiapannya sudah 80% guna memenuhi persyaratan pengajuan sertifikat.

“Rencananya pada akhir Desember 2011, akan diajukan secara resmi ke International Air Transport Association (IATA),” ungkap dia, di Jakarta, Rabu (31/5).

IOSA adalah sistem audit keselamatan dari IATA yang dikembangkan dari sistem keselamatan penerbangan beberapa negara. Dua tahun lalu, IATA menganggarkan US$ 8 juta untuk mengaudit keselamatan penerbangan seluruh anggotanya. Di Indonesia, hanya ada dua maskapai yang dapat sertifikat IOSA yaitu Garuda Indonesia dan Mandala Airlines. Namun, hanya Garuda Indonesia yang terdaftar sebagai anggota IATA.

Jhoni mengungkapkan, untuk mendapatkan sertifikasi IOSA, perseroan tidak mengeluarkan biaya karena ditanggung oleh asuransi yang digandengnya. Sedianya, setelah mendapatkan sertifikat IOSA dari IATA, maskapai itu juga ingin mendapatkan sertifikat dari Federal Aviation Administration (FAA).

“Tidak ada perbedaan antara IOSA dan FAA, yang membedakan hanya tempat asal lisensi itu dikeluarkan, IOSA dari Eropa, FAA dari Amerika. Keduanya memiliki standar yang sama,” jelasnya.

Terkait kedatangan dua armada MA-60 buatan Xian Aircraft China yang molor dari rencana awal yakni 19 Mei 2011, Jhoni mengungkapkan, pesawat tersebut hanya tertunda kedatangannya karena menunggu izin dari direktorat Direktorat Kelayakan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan.

”Pada 3 Juni dan 4 Juni nanti kedua pesawat itu akan sampai di Indonesia. Saat ini 12 pesawat MA-60 tetap dioperasikan dengan dukungan 77 pilot yang memiliki kompetensi di bidangnya,” tegas dia. (ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar