Kamis, 02 Juni 2011

PT Pelindo II Dirikan Sekolah Pelabuhan

JAKARTA-PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) mendirikan Port Logistic Institute (PLI) berstandar internasional di Ciawi, Bogor, dengan investasi US$ 15 juta. Sekolah yang ditargetkan beroperasi 2012 itu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang kepelabuhanan.

Direktur Utama PT Pelindo II Richard Jose Lino mengatakan, sebagai negara maritime, Indonesia perlu memiliki lembaga pendidikan program kepelabuhanan dan pelayaran yang berstandar internasional. Karena itu, PT Pelindo II dengan bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) pun membuat kesepakatan untuk mendirikan PLI. Pendirian sekolah itu masuk dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN tersebut.

“Bersama ITB, kami berharap bisa mencetak tenaga kerja profesional bidang jasa kepelabuhanan. Karena untuk menjadi operator pelabuhan yang handal perlu didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas serta mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan lingkungan perusahaan yang dinamis,” kata dia, dalam keterangannya, Rabu (1/6).

Menurut Lino, Kerjasama antara PT Pelindo II dan ITB untuk jangka waktu 20 tahun. Kerjasama itu mencakupi sejumlah penelitian bidang National Logistic Transportation System Modeling, Coastal Engineering, Environmental, Information Communication Technology, Port Facility and Equitpment Depolopment dan bidang terkait lainnya.

Sementara itu Rektor ITB Akhmaloka mengatakan, tenaga pengajar akan dipersiapkan tidak hanya dari ITB tetapi juga dari Rotterdam Maritime University dari Belanda. Kerjasama ini dinilai sangat tepat, apalagi melihat pelabuhan merupakan salah satu urat nadi dalam mata rantai sistem transportasi yang harus terkoneksi dan terintegrasi dengan moda-moda transportasi lain antara suatu daerah dengan daerah lainnya.

“Tentunya ini sejalan dengan program pemerintah melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I), yakni clustering ekonomi, connectivity, dan perencanaan pembangunan ke depan dengan bekerjasama dengan pihak swasta. (ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar